cover
Contact Name
Zuriatin
Contact Email
jurnalipstsb@gmail.com
Phone
+6285205393336
Journal Mail Official
kampustsb@gmail.com
Editorial Address
Jalan Pendidikan Taman Siswa No. 1 Palibelo, Bima, NTB 84173
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN IPS
Published by STKIP Taman Siswa Bima
ISSN : 20880308     EISSN : 26850141     DOI : https://doi.org/10.37630/jpi
Jurnal Pendidikan IPS STKIP Taman Siswa Bima adalah jurnal penelitian peer-review, akses terbuka berkualitas tinggi yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Taman Siswa Bima (LPPM STKIP Tamsis Bima). Jurnal ini menyediakan platform sebagai sarana bagi peneliti, akademisi, praktisi dan profesional untuk mempublikasikan hasil penelitian. Fokus dan lingkup penulisan (Focus & Scope) dalam Jurnal Pendidikan IPS meliputi: 1. Ilmu Sosial dan Pendidikan Ilmu Sosial 2. Sejarah dan Pendidikan Sejarah 3. Ekonomi dan Pendidikan Ekonomi 4. Geografi dan Pendidikan Geografi 5. Sosiologi dan Pendidikan Sosiologi 6. Ilmu Hukum dan Humaniora
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 12 No 2 (2022): JURNAL PENDIDIKAN IPS" : 6 Documents clear
Analisis Kebiasaan Online Shop Mahasiswa Pendidikan Sejarah STKIP Taman Siswa Bima Tati Haryati
JURNAL PENDIDIKAN IPS Vol 12 No 2 (2022): JURNAL PENDIDIKAN IPS
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpi.v12i2.733

Abstract

Tujuan Penelitian ini yaitu; 1) mendeskripsikan gambaran sosial ekonomi mahasiswa pendidikan Sejarah; 2) Menguraikan metode belanja online mahasiswa; 3) Mengkaji faktor penyebab mahasiswa menggunakan online Shop. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu; deskriptif kualitatif. Perolehan data penelitian dari hasil wawancara, obsevasi dan dokumentasi, untuk bagian analisis data penelitian ini, menggunakan reduksi, penafsiran dan kesimpulan. Berdasarkan temuan penelitian, bahwa; 1) Pola piker yag dibangun cenderung bersifat individualitas; 2) metode belanja online Shop mahasiswa mengikuti trendy dan gengsi; 3) Faktor penggunan online Shop bukan atas dasar kebutuhan mendesak, karena ditinjau dari keinginan akan barang baru yang ditawarkan aplikasi online Shop.
Perubahan Sosial Serta Upaya Menjaga Kesinambungan Masyarakat Sevina Yushinta Anjani; Binti Maunah
JURNAL PENDIDIKAN IPS Vol 12 No 2 (2022): JURNAL PENDIDIKAN IPS
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpi.v12i2.744

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui pengertian perubahan sosial, mengetahui faktor yang mempengaruhi perubahan sosial, bentuk perubahan sosial dan upaya menjaga kesinambungan masyarakat. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kepustakaan. Data dikumpulkan dari berbagai literatur ilmiah (libraryresearch). Analisis data dilakukan dengan langkah: pengumpulan data, penyeleksian/penyaringan data, klasifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat terutama dalam unsur kebudayaan baik secara material ataupun immaterial yang kemudian dapat mempengaruhi seluruh aspek kehidupan sosial suatu masyarakat. (2) Faktor yang mempengaruhi perubahan sosial yaitu terdiri dari faktor penyebab, faktor pendorong dan faktor penghambat. Faktor penyebab terdiri dari faktor internal (bersumber dari masyarakat itu sendiri) dan faktor eksternal (bersumber dari luar masyarakat). (3) Bentuk dari perubahan sosial juga beragam, yaitu terbagi atas perubahan sosial berdasarkan prosesnya, berdasarkan sisi kemajuan arahnya, berdasarkan kecepatan berlangsungnya dan berdasarkan ukuran perubahannya. (4). Kesinambungan adalah suatu kondisi yang saling berkelanjutan, perubahan sosial sangat mengancam kesinambungan masyarakat. Oleh karena itu perlu adapun upaya menjaga kesinambungan masyarakat yaitu: Menjaga masyarakat majemuk, menjaga integrasi sosial dan budaya, memberikan pendidikan yang layak.
Pengembangan Sikap Toleransi dalam Perbedaan Pendapat Melalui Discovery Learning pada Pembelajaran IPS Terhadap Siswa SMP Muhammad Mukhlisin; Ratna Puspitasari; Khomarudin
JURNAL PENDIDIKAN IPS Vol 12 No 2 (2022): JURNAL PENDIDIKAN IPS
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpi.v12i1.757

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hasil pengembangan sikap toleransi siswa melalui model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan etnografi. Subjek penelitian ini adalah guru IPS dan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Atap Losari. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi (observasi di dalam kelas menggunakan model discovery learning). Adapun teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang pengembangan sikap toleransi melalui discovery learning siswa SMP Negeri 1 Losari adalah sikap toleransi pada siwa terlihat lebih baik, dengan adanya perubahan sikap setelah diterapkan model discovery learning. Berikut sikap yang ditunjukkan siswa setelah dilakukan pengembangan toleransi yaitu siswa lebih menghormati guru dan siswa lain, siswa selalu menunjukkan sikap kerja sama yang baik, siswa lebih menghargai antar sesama dan suka membantu siswa lain ketika merasa kesulitan.
Pendekatan Etnopedagogi Sebagai MEdia Pelestarian Kearifan Lokal dalam Kegiatan PAsar Budaya UIN KHAS Jember. Nila Lailatuz Zahro; Milati Himatuna; Erfan Efendi; Moh Alfi Nasihuddin; Wilda Holida; Siti Aisyah
JURNAL PENDIDIKAN IPS Vol 12 No 2 (2022): JURNAL PENDIDIKAN IPS
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpi.v12i2.764

Abstract

Pasar budaya merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh salah satu organisasi ekstra kampus yang ada di UIN KHAS Jember yaitu organisasi PMII rayon FTIK. Kegiatan pasar budaya ini merupakan kegiatan dimana para organisasi daerah asal mahasiswa yang ada di UIN KHAS Jember di wadahi untuk menampilkan kebudayaan daerah asalnya. Dalam pelaksanaannya, ada berbagai macam kegiatan yang dilakukan dimulai dari pasar tradisional, tari kontemporer, dan festival carnaval Budaya (pagelaran musik budaya dan fashion carnaval). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pendekatan etnopedagogi sebagai media pelestarian kearifan lokal. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif, dan menggunakan metode penelitian studi kasus. Sedangkan dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Penerapan Kurikulum 2013 dalam Proses Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas IV SDN Sanolo Syahbuddin Syahbuddin
JURNAL PENDIDIKAN IPS Vol 12 No 2 (2022): JURNAL PENDIDIKAN IPS
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpi.v12i2.803

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kurikulum 2013 dalam perencanaan, pelaksanaan maupun penilaian dalam pembelajaran mata pelajaran IPS di Kelas IV SDN Sanolo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi: teknik, sumber dan teori. Teknik analisa data menggunakan tiga teknik: reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa implementasi kurikulum 2013 dalam perencanaan pembelajaran mata pelajaran IPS di Kelas IV SDN Sanolo dimana guru mengembangkan silabus dan RPP. Penerapan kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di kelas IV SDN Sanolo dilaksanakan dengan pendekatan Saintifik. Metode pembelajaran yang diterapkan antara lain Discovery Learning, Diskusi, Project Based Learning, Problem Based Learning. Media pembelajaran yang dimanfaatkan seperti gambar dengan pertiumbangan mudah diperoleh dan digunakan serta murah. Penilaian mencakup dua aspek yaitu penilaian proses dan hasil belajar. Penilaian proses menggunakan teknik observasi sedangkan penilaian hasil belajar mencakup tiga ranah yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara utuh sehingga guru melakukan penilaian setiap hari pada saat melaksanakan proses pembelajaran.
Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 2 Sampolawa Kabupaten Buton Selatan Murniati Murniati; Muhammad Hakim Pribadi
JURNAL PENDIDIKAN IPS Vol 12 No 2 (2022): JURNAL PENDIDIKAN IPS
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpi.v12i2.806

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IIS dalam pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri Sampolawa Kabupaten Buton Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Sampolawa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan menggunakan tringulasi data yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IIS dalam pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri 2 Sampolawa yaitu guru sebagai pengelola kelas, guru sebagai fasilitator, dan guru sebagai motivator. Untuk memotivasi siswa dalam belajar yakni dengan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, pemberian stimulus/dorongan selama proses pembelajaran pembelajaran, menciptakan suasana pembelajaran yang efektif, menciptakan saingan dan kerjasama antar siswa dan guru, pemberian pujian, dan pemberian nilai atas keberhasilan siswa

Page 1 of 1 | Total Record : 6